Minggu, 27 Januari 2013

Segelas red wine ampuh menangkal kolesterol dalam daging

Jika Anda suka menikmati makan malam berupa daging merah dan segelas red wine, ada kabar baik bagi Anda. Sebab menurut peneliti, kombinasi menu masakan daging merah seperti steak dan segelas red wine mampu mencegah penumpukan kolesterol dalam tubuh.

Peneliti dari Hebrew University of Jerusalem tersebut tepatnya menyebutkan kalau seseorang mengonsumsi daging merah, ada senyawa bernama malondialdehyde yang berakumulasi dalam pembuluh darah. Senyawa itu merupakan pemicu utama kolesterol yang meningkatkan risiko penyakit jantung.
Namun minum red wine setelah menikmati steak dikabarkan mampu membuat senyawa tak mampu diserap oleh pembuluh darah. Sehingga risiko peningkatan kolesterol pun menurun.

Peneliti memaparkan kalau antioksidan dalam red wine - yang disebut dengan polyphenol - adalah senyawa yang berperan mencegah penyerapan komponen berbahaya dari daging merah.

"Seperti yang kita ketahui, daging merah mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Namun menikmati red wine setelah makan anggur ternyata ampuh menurunkan kadar kolesterol," tutur kepala peneliti, Profesor Ron Kohen, seperti yang dikutip dari Daily Mail (14/01).

Sebelumnya, penelitian lain dari University of Leicester menyebutkan khasiat lain dari red wine. Menurut para peneliti, minum segelas red wine setiap hari mampu mencegah penyakit kanker usus besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar